Langsung ke konten utama

BANKOM KIRIM DUA ANGGOTANYA PELATIHAN URBAN SAR DI BASARNAS

SEMARANG - Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) adalah wadah bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan dalam melaksanakan komunikasi, koordinasi, dan konsultasi di bidang Pencarian dan Pertolongan. Pembentukan FKP3 bertujuan untuk memberikan informasi, melakukan sinkronisasi, dan evaluasi mengenai pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan. FKP3 mempunyai tugas mengoordinasikan Potensi Pencarian dan Pertolongan untuk mendukung pelaksanaan tugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.Penyelenggaraan FKP3 dilaksanakan pada tingkat pusat dan tingkat daerah. Penyelenggaraan FKP3 tingkat pusat dan tingkat daerah dilaksanakan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dengan mengikutsertakan instansi/organisasi yang memiliki Potensi Pencarian dan Pertolongan.

Setelah terbentuknya FKP3 Semarang berdasarkan hasil keputusan rapat tanggal 11 Februari 2022, tentang Persiapan kegiatan Bimbingan Teknis Urban SAR Potensi SAR, maka akan diselenggarakan Bimbingan Teknis Urban SAR Jawa Tengah tanggal 17 sampai 19 Februari 2022 di Semarang. 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, semua peserta anggota FKP3 Semarang harus mengirimkan anggotanya sebagai peserta maksimal 2 (dua) personil  untuk mengikuti kegiatan Bimtek di kantor Basarnas Semarang.

Peserta  tiba di Gedung Siaga SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang , pada tanggal 17 Februari 2022 pukul 07.00 WIB untuk registrasi. Dalam Bimtek selama 3 hari para peserta akan menjadi team Work Urban Rescue yang mana akan membantu tugas Basarnas sebagai potensi dan diajarkan materi untuk mendukung Pencarian dan Pertolongan saat melaksanakan tugas atau saat dibutuhkan, 

Ada 27 Organisasi yang memiliki potensi SAR terpilih untuk ikut kegiatan tersebut, antar lain : IOF Pengda Jateng, SAR MTA, Senkom, Sarda Jateng, PMI Kota Semarang, MDMC, SERNU, Med A, Rumah Zakat, Seri Getasan, Seri Salatiga, Ratu Restu, Ambulance Escorting, Nyawa Wali, Pinus Rescue, ORARI, TRC RAPI, SAR Buser, Sar Dog, Bagana, Baguna, SSI, KRI,Bankom Polrestabes, Al Fatah Rescue, KARS Kendal, Sriti, BTL Kendal.(Laporan)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 HARI ANAK HANYUT DI SUNGAI KAGOK, KETEMU DI PANTAI NGEBUM KALIWUNGU

SEMARANG - Berdasar informasi dari komunitas relawan Kota Semarang bahwa Kamis (11/1/2024) sekitar jam 15.23 WIB ada anak hanyut di sungai Kagok Kelurahan Wonotingal Kecamatan Candisari Kota Semarang.  Kronologi : Kamis, 11 Januari 2024 sekitar Pukul 14.30 WIB ada beberapa anak bermain dilokasi titik awal anak hanyut, kemudian ada laporan anak-anak tersebut bahwa anak bernama Muhammad Nur Alif Purnomo (9) hanyut, kemudian ada yang melihat ada anak minta tolong.  Basarnas, BPBD Kota Semarang, Polsek Candisari, dan Relawan Kota Semarang bergerak untuk melakukan pencarian.  10 Anggota Bankom Ikut bergabung bersama dengan SAR Gabungan / Relawan Kota Semarang dalam pencarian korban.  2 hari dari Kamis Sore sampai dengan Jum'at malam masih nihil.  Hari ke-3 Sabtu setelah dicari dari titik awal sampai ujung utara sungai Banjir Kanal Timur.  Sabtu (13/1/2024) jam 10.46 WIB SAR Gabungan Kota Semarang mendapat informasi

PERAWATAN RADIO PANCAR ULANG (RPU) BANKOM POLRESTABES SEMARANG

Repeater Radio atau lebih dikenal dengan Radio Pancar Ulang (RPU) adalah perangkat radio yang berfungsi untuk memperluas jangkauan komunikasi antar perangkat mobile (radio HT atau mobile rig). Repeater dapat meningkatkan jangkauan komunikasi antar radio HT hingga mencapai radius 40-120km, tergantung konfigurasi perangkat, antena dan pemilihan ketinggian lokasi radio repeater anda. Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas jangkauan radio mobile (HT) hingga mencapai radius 40-120km dari titik pusat repeater. Kualitas jangkauan repeater sangat ditentukan oleh letak, posisi dan ketinggian, serta jenis antena yang dipergunakan. Dengan posisi ketinggian yang tepat, bebas pandang, serta semakin tinggi mutu antena, maka jangkauan akan semakin luas dan jernih.  Repeater atau RPU Bankom ada di 2 lokasi, diatas berlokasi di desa Kalisidi Ungaran dan di PDAM Manyaran Kota Semarang  Demikian juga bankom Polrestabes Semarang sebagai sarana Pancar Ulang komunikasi membutuhk

BERMAIN DIKALI DAS BRINGIN DINAN FARIS HANYUT, SAR BANKOM BERSAMA SAR GABUNG IKUT PENCARIAN.

SEMARANG - Jum'at Sore [19/1) sekitar 15.59 WIB Info Lokasi awal anak hanyut di DAS Bringin warga RT 5 RW 2 Kelurahan Mangkang wetan, Kecamatan Tugu.  Anggota Bankom segera koordinasi untuk ikut dalam pencarian korban hanyut dan bergabung dengan Potensi SAR dan Relawan Kota Semarang.  Diinformasikan Korban masih mengenakan seragam pramuka, Nama Dinan Faris alkaesar Usia 11 tahun dengan alamat Tikung RT.05 RW. 02 Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu Semarang.  Hanyut di Sungai Beringin Tepatnya di Jembatan Kauman Setelah dilakukan pencarian sekitar jam 20.04 WIB oleh tim SAR Gabungan korban hanyut diketemukan dalam kondisi meninggal dunia di kali kasak Mangkang Wetan. (Laporan)