Langsung ke konten utama

BANKOM SEMPROT SISA BANJIR DI SAMPANGAN

Semarang – minggu 12 April 2020 Hujan deras berdurasi sekitar 3 jam mengguyur Kota Semarang kemarin membuat aliran anak sungai (biasa disebut Kali Tuk oleh warga Sampangan,red) yang bermuara di sungai Banjir Kanal Barat (BKB) tak sanggup menampung debit air.

Akibatnya, air meluap ke badan jalan dan membanjiri pemukiman warga. Luapan air membawa lumpur dan sampah yang membahayakan pengguna jalan.  Bantuan Komunikasi (Bankom) Polrestabes Semarang membersihkan seputar jembatan jalan Lamongan Raya yang tergenang lumpur sisa luapan banjir kali tersebut. Dengan menggunakan mobil dengan tandon 500 liter yang sedihnya sebagai alat Penyemprotan Disinfektan untuk mengendalikan virus covid-19 yang sedang mewabah ini sambil menunggu PMK yang sudah Di koordinasikan. 

Lek No (Panggilan keseharian) penjual Nasi Kucing di sebelah jembatan area Kali Tuk mengaku senang atas respon cepat tersebut, “Terima kasih buat semua yang sudah membersihkan akses jalan ini sehingga sudah tidak ada lagi lumpur sisa luapan banjir yang lumayan tebal,” katanya, Minggu (12/4/2020).

Sementara Sekretaris Bankom Polrestabes Semarang Abdur Rohman mengatakan, banjir tersebut kemungkinan terjadi saat timnya melakukan penyemprotan disinfektan di daerah Wonolopo Mijen. Karena kondisi hujan deras, ia bersama timnya langsung konfirmasi kepada pemohon untuk dijadwalkan ulang

“SAR BANKOM baru pulang penyemprotan disinfektan di wilayah Wonolopo Mijen, kegiatan berhenti karena hujan deras, seharusnya masih ada 3 titik lagi yaitu di Wonosari ada 2 RW dan Wilayah Tugu,” kata Abdur Rohman.

Kemudian SAR pulang, lanjutnya, saat di perjalanan ada laporan masuk mengabarkan terjadi banjir di wilayah sungai sebelah SMP N 13 Sampangan. Respon kedaruratan, pihaknya langsung menuju lokasi sembari berkoordinasi dengan Bhabinsa untuk menyemprot jalan.

“Kita langsung lakukan penyemprotan lumpur di jalan, biar aman terlebih dahulu sambil menunggu PMK (pemadam kebakaran) yang sudah dikoordinasikan sebelumnya,” ungkapnya.

Kemudian tim Fight Civid-19 Bankom bergerak di daerah Tengger yang mana kebetulan salah satu warga yang kebetulan juga anggota Bankom di situ terkena banjir, 2 unit mobil dari Bankom dan IEA Semarang dan satu unit pemadam mini BKM Sasono Mulyo Rejomulyo menuju lokasi. 

“Sampai di perempatan Sampangan dihentikan warga karena KWH Indomart sekitar situ terbakar mengeluarkan api,” bebernya.

Oleh karena itu, sebagian timnya bersama dengan petugas pemadam kebakaran segera mengkondisikan konsleting tersebut.

Oman, sapaannya melanjutkan, setelah berhasil memadamkan, pihaknya bersama Indonesia Ecorsing Ambulance (IEA) Semarang dan damkar mini melanjutkan perjalanan ke lokasi yang dimaksud. (0man Bjg.C.3.1)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANKOM IKUT PENCARIAN ANAK HANYUT USIA 9 TAHUN WARGA KARANGGAWANG

SEMARANG - Senin , 14 Februari 2022, Anggota SAR Gabungan Kota Semarang melakukan operasi pencarian anak hilang diduga hanyut saat bermain hujan-Hujanan di selokan atau kali kecil di lingkungan rumah tinggalnya, korban atas nama Michael Rafaello Borsaja, usia 9 Tahun. Kejadian awal jam 14.30 WIB korban bermain hujan-hujanan bersama 5 teman lainnya, korban terpeleset dan hanyut dikali depan rumah Bapak Pujiyanto jl. Karanggawang Baru RT.4 RW.7 Tandang  Kota Semarang pada Titik Koordinat : XFJ3+V66.  Pada pencarian ini 13 personil SAR BANKOM ikut gabung bersama potensi SAR lainnya.  Tim SAR Gabungan yang terdiri dari - BPBD Kota Semarang - Basarnas Kansar Semarang - Damkar Kota Semarang - SARDA JATENG - PMI Kota Semarang - MDMC - Polsek Tembalang - POSSI Kota Semarang - UKSA - 387 - TAGANA Kota Semarang - SAR MTA - RSH - TRAS - BANKOM Polrestabes - BAGANA - ACT - FPRS - SRITI - RESCUE SQUAD - RZ ( Rumah Zakat ) Penyusiran Terd

Pertempuran 5 Hari Di Semarang

Minggu (14/10) Jalur menuju Tugu Muda sudah ditutup oleh Polisi sejak sore, Ruah tumpah masyarakat hadir untuk mengikuti prosesi acara peringatan tersebut. Para veteran atau pejuang tempo dulu juga terlihat hadir memenuhi kursi undangan. hanyut ketika rentetan senapan dan suara meriam menggelegar dari sudut gereja katedral Tugu Muda,seiring terbayang pertempuran kala itu oleh para pejuang Semarang melawan Jepang. Para pemuda-pemudi menampilkan drama pertempuran lima hari di Semarang di Tugumuda pada Minggu (14/10/18) Drama teatrikal itu sendiri dipentaskan untuk mengenang peristiwa bersejarah Pertempuran 5 Hari di Semarang, dimana saat itu terjadi dalam rentang waktu 14 Oktober hingga 19 Oktober 1945. tentara Jepang enggan menyerahkan senjatanya pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sehingga memicu perlawanan dari pemuda Kota Semarang. Dalam sejarah tersebut, salah satu peristiwa yang paling dikenal dan menjadi adalah gugurnya dr. Kariadi. Dimana peri

BANKOM IKUT UPACARA HUT BHAYANGKARA KE-76 KENAKAN PECALANG BALI.

SEMARANG - Selasa (5/7/2022) puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-76 tingkat Nasional diperingati di Kota Semarang, tepatnya di Akademi Kepolisian (AKPOL) jl. Sultan Agung No. 131 Candi Baru Semarang.  Ketua Bankom Giri Purdyanto mengiktruksikan sesuai kebutuhan 35 Anggota Bankom diploting ikut  memeriahkan puncak HUT BHAYANGKARA Ke-76 tahun.  25 personil menjadi tim utama Bankom sebagai peserta upacara dengan mengenakan baju Pecalang yaitu keamanan keagamaan khas Bali dan 5 Personil melekat dengan Polsek Ngaliyan. Inspektur upacara Presiden Ir. H. Joko Widodo dan dihadiri para pejabat tinggi negara.  Kegiatan berjalan lancar sampai selesai. (laporan)