Langsung ke konten utama

PAM KETUPAT CANDI 2020 DAN POS COVID-19 KOTA SEMARANG

   Semarang, 10 Mei 2020
Pandemi covid-19 sangatlah meresahkan warga seluruh belahan dunia tak luput juga Kota Semarang, grafik pasien positif  dan meninggal terus meningkat hari demi hari walaupun angka kesembuhan juga ikut meningkat  grafik jauh dibawah angka positif tiap hari yang dilaporkan Kemenkes yang bisa di akses melalui media sosial.

 Kondisi yang memprihatinkan. Tersebut sehingga Walikota Semarang menerapkan PKM atau Pembatasan Kegiatan Masyarakat guna mencegah penyebaran lebih luas virus corona di Kota Semarang ini. Mulia dengan himbauan pemakaian masker, cuci tangan dan untuk tetap dirumah  selalu disosialisasikan oleh seluruh elemen baik pemerintah, kepolisian, TNI dan organisasi masyarakat yang ada di kota Semarang. 

Termasuk adanya POS Penyekatan yang berada di perbatasan kota, semua kendaraan yang masuk ke kota Semarang baik roda dua, mobil pribadi angkutan umum akan diperiksa dan akan di ukur suhu tubuh serta kendaraan di semprot disinfektan agar steril ketika masuk kota Semarang. 
Menjelang lebaran kegiatan rutin kepolisian adalah mengadakan kegiatan Operasi Ketupat Candi guna memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri, terutama bagi masyarakat yang akan pulang kampung bertemu dengan keluarga di daerahnya masing-masing. 
Pos Operasi Ketupat Candi memberikan keamanan bagi para pemudik dengan dibangunnya Pos-pos sepanjang jalur mudik dilengkapi dengan kesehatan, tempat istirahat dan fasilitas pendukung lainnya.

Pada tahun 2020 seiring bangsa ini dan seluruh bagian didunia baru diserang wabah covid-19, untuk itu Pos Operasi Ketupat Candi berbarengan dengan Pos Covid-19. tahun ini pemerintah gencar mengimbau perantau untuk tidak mudik terlebih dahulu guna membatasi dan memutus mata rantai wabah yang baru menyerang tersebut.
Bankom Polrestabes Semarang adalah organisasi masyarakat yang bergerak dibidang Kamtibmas, sosial masyarakat, dan juga Rescue tiap tahun selau ambil bagian membantu kepolisian dalam Operasi Ketupat candi. Pada tahun ini ketua Bankom Polrestabes Semarang Giri Purdyanto lebih awal memberikan surat tugas kepada seluruh Korwil yang ada dikota Semarang dan Ungaran untuk bergabung di pos PAM Lebaran karena seiring sudah dibangunnya pos lebih awal berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19.

"Anggota Bamkom kami perbantukan di pos PAM seperti tahun-tahun sebelumnya, dan ini lebih awal kami ploting karena pos PAM Lebaran tahun ini juga lebih awal, terutama membantu di pos perbatasan antara lain Pos Mangkang diwilayah Barat, Pos Taman Unyil diwilayah Selatan, Pos Penggaron diwilayah Timur, dan ada juga Pos exit Tol Gayamsari. Dalam PKM anggota Bamkom ikut mengukur suhu atau menyemprot kendaraan yang akan masuk kota Semarang" Terang Giri Purdyanto ketua Bankom
"Antusias juga terlihat dari teman-teman saat melaksanakan tugas untuk ikut menjaga kamtibmas, juga kemanusiaan, 
dalam kondisi seperti ini sangat rawan kamtibmas terutama pencurian, perampasan karena menjelang lebaran dan ditambah dengan kondisi kurang baik akibat dari pandemi corona sehingga efeknya sangat besar bagi masyarakat" terang budi Cahyono ditemui ditempat berbeda
"Semoga segera berlalu musibah ini" tambahnya. (Oman.Bjg.C.3.1)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 HARI ANAK HANYUT DI SUNGAI KAGOK, KETEMU DI PANTAI NGEBUM KALIWUNGU

SEMARANG - Berdasar informasi dari komunitas relawan Kota Semarang bahwa Kamis (11/1/2024) sekitar jam 15.23 WIB ada anak hanyut di sungai Kagok Kelurahan Wonotingal Kecamatan Candisari Kota Semarang.  Kronologi : Kamis, 11 Januari 2024 sekitar Pukul 14.30 WIB ada beberapa anak bermain dilokasi titik awal anak hanyut, kemudian ada laporan anak-anak tersebut bahwa anak bernama Muhammad Nur Alif Purnomo (9) hanyut, kemudian ada yang melihat ada anak minta tolong.  Basarnas, BPBD Kota Semarang, Polsek Candisari, dan Relawan Kota Semarang bergerak untuk melakukan pencarian.  10 Anggota Bankom Ikut bergabung bersama dengan SAR Gabungan / Relawan Kota Semarang dalam pencarian korban.  2 hari dari Kamis Sore sampai dengan Jum'at malam masih nihil.  Hari ke-3 Sabtu setelah dicari dari titik awal sampai ujung utara sungai Banjir Kanal Timur.  Sabtu (13/1/2024) jam 10.46 WIB SAR Gabungan Kota Semarang mendapat informasi

PERAWATAN RADIO PANCAR ULANG (RPU) BANKOM POLRESTABES SEMARANG

Repeater Radio atau lebih dikenal dengan Radio Pancar Ulang (RPU) adalah perangkat radio yang berfungsi untuk memperluas jangkauan komunikasi antar perangkat mobile (radio HT atau mobile rig). Repeater dapat meningkatkan jangkauan komunikasi antar radio HT hingga mencapai radius 40-120km, tergantung konfigurasi perangkat, antena dan pemilihan ketinggian lokasi radio repeater anda. Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas jangkauan radio mobile (HT) hingga mencapai radius 40-120km dari titik pusat repeater. Kualitas jangkauan repeater sangat ditentukan oleh letak, posisi dan ketinggian, serta jenis antena yang dipergunakan. Dengan posisi ketinggian yang tepat, bebas pandang, serta semakin tinggi mutu antena, maka jangkauan akan semakin luas dan jernih.  Repeater atau RPU Bankom ada di 2 lokasi, diatas berlokasi di desa Kalisidi Ungaran dan di PDAM Manyaran Kota Semarang  Demikian juga bankom Polrestabes Semarang sebagai sarana Pancar Ulang komunikasi membutuhk

BERMAIN DIKALI DAS BRINGIN DINAN FARIS HANYUT, SAR BANKOM BERSAMA SAR GABUNG IKUT PENCARIAN.

SEMARANG - Jum'at Sore [19/1) sekitar 15.59 WIB Info Lokasi awal anak hanyut di DAS Bringin warga RT 5 RW 2 Kelurahan Mangkang wetan, Kecamatan Tugu.  Anggota Bankom segera koordinasi untuk ikut dalam pencarian korban hanyut dan bergabung dengan Potensi SAR dan Relawan Kota Semarang.  Diinformasikan Korban masih mengenakan seragam pramuka, Nama Dinan Faris alkaesar Usia 11 tahun dengan alamat Tikung RT.05 RW. 02 Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu Semarang.  Hanyut di Sungai Beringin Tepatnya di Jembatan Kauman Setelah dilakukan pencarian sekitar jam 20.04 WIB oleh tim SAR Gabungan korban hanyut diketemukan dalam kondisi meninggal dunia di kali kasak Mangkang Wetan. (Laporan)